Manajemen Lalu Lintas

Manajemen lalu lintas merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menjelaskan suatu proses pengaturan sistem lalu lintas dan sistem prasarana jalan dengan menggunakan beberapa metode ataupun teknik rekayasa tertentu, tanpa menggandakan pembangunan jalan baru, dalam usaha untuk mencapai tujuan-tujuan ataupun sasaran-sasaran tertentu yang berhubungan dengan masalah lalu lintas yang sifatnya lebih mengarah pada optimalisasi kinerja prasarana jalan yang ada.

 

Kinerja suatu ruas dan atau persimpangan jalan dapat dinilai dari tingkat pelayanan ruas dan atau persimpangan jalan tersebut. Salah satu unsur utama yang menyatakan tingkat pelayanan jalan adalah waktu tempuh, biaya perjalanan (biaya operasi kendaraan dan nilai waktu) juga hal lain seperti kenyamanan serta keamanan berlalu-lintas.

 

Morlok (1991) menyampaikan konsep mengenai tingkat pelayanan jalan ditentukan dalam skala interval yang terdiri dari 6 tingkatan Tingkatan ini terdiri dari A, B,C, D, E dan F. dengan A merupakan tingkatan pelayanan jalan yang terbaik dan F merupakan tingkatan terburuk. Secara teoretik batasan untuk setiap klasifikasi tingkat pelayanan jalan tersebut disampaikan pada Tabel 2.1.

Tabel 2.1 Kriteria Klasifikasi Tingkat Pelayanan Jalan

VCR TINGKAT

PELAYANAN JALAN

KETERANGAN
< 0,60 A Arus lancar, volume rendah, kecepatan tinggi
0,60–0,70 B Arus stabil, volume sesuai untuk jalan luar kota, kecepatan terbatas
0,70-0,80 C Arus stabil, volume sesuai untuk jalan kota, kecepatan dipengaruhi oleh lalu-lintas
0,80-0,90 D Mendekati arus tidak stabil, kecepatan rendah
0,9-1,00 E Mendekati arus tidak stabil, volume pada/mendekati kapasitas, kecepatan rendah
> 1,00 F Arus terhambat, kecepatan rendah, volume di atas kapasitas, banyak berhenti

Sumber: Morlok, 1991

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s